• Sen. Jul 15th, 2024

Dosen Prodi Sastra Inggris Universitas Muslim Nusantara Laksanakan Pelatihan Teknik Membaca Efektif di SMK Swasta PAB 

SHARE
Bharata Yudha.Com– Vera Kristiana, S.Pd.,M.Pd. selaku dosen prodi Sastra Inggris beserta anggota tim Yayuk Yuliana, S.E.,M.Si. dosen prodi Manajemen Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah melaksanakan pelatihan teknik membaca efektif di SMK Swasta PAB 5 di Jalan  Kelambir Lima sebagai upaya peningkatan kompetensi para guru di era revolusi 4.0. Senin ( 29/11/2021).
Program pelatihan tersebut, menurut Vera  merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang rutin dilaksanakan oleh para dosen karena merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 “Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan para guru memiliki kemampuan membaca efektif sehingga mampu memahami teks materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik dengan lebih mudah dan cepat,”ujar Vera.
Sambungnya lagi, Kegiatan pelatihan teknik membaca efektif 4S (Skimming, Scanning, Selecting, Skipping) disambut baik oleh pihak SMK Swasta PAB 5 Kelambir Lima, khususnya oleh para guru mata pelajaran bahasa Inggris.
“Skimming adalah membaca teks secara cepat, menyeluruh untuk memperoleh gambaran umum, bagian penting, dan menyegarkan ingatan tentang apa yang sudah pernah dibaca. Scanning adalah membaca cepat, tetapi teliti. Teknik ini bertujuan memperoleh fakta atau informasi tertentu, misalnya katakata tertentu dalam kamus atau nomor telepon. Selecting adalah memilih teks dan bagian teks yang dibaca berdasarkan kebutuhan. Teknik ini dilakukan sebelum kegiatan membaca, misalnya saat membaca judul-judul berita di surat kabar.  Skipping adalah kegiatan membaca yang mengabaikan atau melompati bagian yang tidak diperlukan atau bagian yang sudah dimengerti,”jelasnya.
Sementara menurut Eka, salah seorang guru mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah tersebut, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat tepat dilaksanakan guna melatih kemampuan membaca secara cepat dan tepat dalam menyusun materi pembelajaran untuk para peserta didik.
“Saya kira kegiatan ini sangat tepat, dilaksanakan guna melatih kemampuan membaca secara cepat dan tepat dalam menyusun materi pembelajaran untuk peserta didik,”pungkas Eka. ( Bharata 1 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *