• Sen. Jul 15th, 2024

Lanud SIM Laksanakan  Latihan Pertahanan  Pangkalan (HANLAN)

SHARE

Bharata Yudha.Com-Lanud Sultan Iskandar Muda sebagai satuan Pangkalan di bawah Komando Operasi Angkatan Udara I (Koopsud I) yang terletak diwilayah ujung Barat Indonesia Melaksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Blang Bintang, Aceh Besar. Rabu (29/6/2022).

Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Henri Ahmad Badawi, M.Han., menyampaikan Latihan Hanlan ini merupakan Program Kerja TNI Angkatan Udara Lanud Sultan Iskandar Muda yang dilaksanakan persemester untuk mengantisipasi berbagai bentuk ancaman yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah Aceh khususnya di Wilayah Lanud Sultan Iskandar Muda dan sekitarnya, diharapkan kepada setiap prajurit harus mampu dan selalu siap dalam menghadapi segala situasi pertempuran. Untuk itu, guna melatih dan meningkatkan kemampuan dasar pertempuran prajurit. “Saya ingin kalian melaksanakan latihan Hanlan ini dengan semanggat dan tetap utamakan safety, chek perlekapan baik personel maupun materi usai pelaksanaan latihan,” tegas Danlanud SIM.

Dansathanlan Lanud Sultan Iskandar Muda Mayor Lek Istakari Yanto menjelaskan. “Dalam kegiatan Latihan Pertahanan Pangkalan ini ini melibatkan seluruh unsur satuan kerja yang ada di Lanud Sultan Iskandar Muda guna mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan perorangan maupun beregu, dalam melaksanakan latihan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh para pelatih,” sampainya.


Sebelum Latihan Hanlan, Mayor Lek Istakari Yanto dalam arahanya juga menyampaikan, Latihan Hanlan ini merupakan program kerja Dinas Operasi Lanud SIM semester I tahun anggaran 2022. Yang dilaksanakan untuk mengantisipasi berbagai bentuk ancaman yang kapan saja bisa terjadi. “Sebagai seorang prajurit TNI khususnya TNI AU latihan-latihan seperti ini sangatlah penting dilaksanakan untuk memberi penyegaran kembali terhadap tugas pokok dan fungsi masing-masing satuan kerja, terutama jika terjadi hal-hal yang mengancam keamanan wilayah Lanud SIM dan sekitarnya, karena itu pahami apa yang di arahkan dan laksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” tegasnya. Lanjutnya sasaranya adalah tercapainya kemampuan perorangan dan kelompok dalam menjaga keamanan dan pertahanan Lanud Sultan Iskandar Muda.

Di akhir Latihan Hanlan Dasathanlan Lanud Sultan Iskandar Muda Mayor Lek Istakari Yanto mengucapkan rasa bangganya terhadap seluruh prajurit Lanud Sultan Iskandar Muda yang telah melaksanakan latihan pertahanan Pangkalan menempuh rute 10 Kilo Meter dengan waktu 2 jam setengah dan penuh semangat serta melaksanakan setiap prosedur latihan dengan baik, Alhamdulillah selama kegiatan berlangsung semua berjalan dengan aman dan lacar,” tutup Dansathanlan. ( Joni Iswanto )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *