• Sen. Jul 15th, 2024

Keluarga Besar Heaven Seven Club’ and KTV Kurbankan 2 Sapi dan 1 Ekor Kambing

SHARE

Bharata Yudha.Com- Keluarga besar Heaven Seven Club dan KTV yang terletak di Jalan Abdullah Lubis nomor 50/73, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru di hari raya Idul Adha 1443 H atau yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 melaksanakan pemotongan hewan qurban berupa 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing, sekira pukul 11.00 WIB.

Bertempat di halaman belakang Heaven Seven Club dan KTV, menurut Tezza selaku manager Heaven Seven, daging hewan kurban ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar dan pada seluruh karyawan.

” Pada hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, kami kelurga besar management dan karyawan Heaven Seven berkurban 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing, yang mana nantinya dagingnya kita bagikan pada masyarakat dan seluruh karyawan kita. Memang kurban ini adalah yang kali pertama kita laksanakan namun hal ini akan terus kita laksanakan pada setiap tahunnya. Seperti di ayat suci  Al-Qur’an, surat Al- Kautsar ayat 2 yang artinya maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah). Jadi kurban ini kita laksanakan hanya karena Allah SWT ,” ucap Tezza.

 

Menurut Tezza beberapa manfaat dari berkurban diantaranya :

*Mendekatkan diri kepada Allah SWT*

 

Kurban (qurban) berasal dari bahasa Arab yang berarti “Qariba”, yang bermakna dekat atau mendekatkan. Hal itu bisa diartikan menyembelih hewan untuk melaksanakan perintah Allah SWT sekaligus mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Hal tersebut tercantum dalam QS. Al Maidah ayat 27 yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah SWT hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa.”

 

*Sebagai ungkapan syukur*

Memiliki rezeki tentu haruslah dibarengi dengan rasa syukur kepada Allah. Namun yang perlu diingat, di dalam rezeki yang kita dapatkan ada hak saudara kita yang kurang mampu. Maka dianjurkanlah berkurban bagi yang mampu sebagai ajang berbagi kepada sesama.

Dalam surah Al-Kautsar, kurban merupakan salah satu ekspresi syukur. Pada ayat kedua surah itu, berkurban disejajarkan dengan salat, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah.

 

*Sebagai penebus dosa*

Berkurban juga dapat dimaknai sebagai penebusan dosa. Hal tersebut disebutkan dalam salah satu hadis yang berbunyi sebagai berikut.

“Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya tetesan darahnya yang pertama itu adalah pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu.” (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).

 

*Menyucikan diri dan harta benda*

” Berkurban juga jadi kesempatan kita untuk meyucikan diri dan harta benda yang telah kita raih. Berkurban seperti membilas segala rezeki yang kita dapatkan. Dengan keikhlasan dalam berkurban, kita akan mendapat keberkahan dan ridho-Nya atas segala sesuatu yang didapat,” pungkas Tezza. ( Bharata 1 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *