• Sen. Jul 15th, 2024

Forum Mahasiswa Samosir ( Formasi ) Gelar Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

SHARE

Bharata Yudha.Com-Forum Mahasiswa Samosir (Formasi) menggelar sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Samosir, Selasa (25/10/2022).

Sosialisasi yang dipimpin langsung Ketua Formasi, Vian Sihotang dengan cara mendatangi warga Kabupaten Samosir. Sosialisi pencegahan Karhutla itu digelar di Desa Sipitu Dai Kecamatan Sianjur Mula-mula dan Desa Janji Martahan Kecamatan Harian.

Vian Sihotang bersama rombongan memberikan edukasi tentang pencegahan Karhutla kepada warga. “Hari ini kami melakukan edukasi kepada warga tentang pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” sebut dia dalam keterangan rilis.

Sambung dia, hal ini dilakukan guna menyikapi sering terjadinya kebakaran hutan di Wilayah Kabupaten Samosir. Dimana, sambung dia, pada tahun 2022 ini ada 4 kecamatan di kabupaten dengan lahan seluas 150 Ha sudah terbakar.

“Sebagian besar terjadi karena pembukaan lahan dengan membakar hutan dan lahan yang dilakukan oleh warga,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi itu, sambung Vian Sihotang, Formasi memberikan brosur tentang pencegahan Karhutla. “Kita menyampaikan kepada masyarakat agar kiranya dapat mencegah agar tidak terjadi lagi Karhutla, dengan tidak melakukan pembukaan lahan dengan membakar dan bersama-sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan,” sebut dia.

Selain itu, kata Vian, Formasi juga memberikan bantuan bibit mangga kepada warga. “Tujuannya untuk ditanam di lahan bekas terjadi kebakaran,” katanya.

Seorang warga marga Simbolon mengapresiasi yang dilakukan oleh Formasi dan mengucapkan terimakasih atas kedatangan yang memberikan sosialisasi dan bantuan pohon mangga yang diberikan. (Bharata 1 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *