• Sel. Jul 23rd, 2024

Taufik : Masa Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkoba Berbeda Tiap Orang

SHARE

Bharata Yudha.Com- Lamanya program rehabilitasi narkoba yang harus diikuti oleh setiap klien korban penyalahguna Narkoba tentunya berbeda beda,Jumat 13/Januari/2023.

Korban penyalahguna narkoba perlu melalui proses rehabilitasi narkoba agar kualitas hidupnya bisa membaik,Tergantung tingkat ketergantungan dan keparahannya melalui skrining dan assesment ,Selain itu ada berbagai faktor krusial lain yang dapat mempengaruhi lamanya waktu rehabilitasi narkoba.

Dari sini dapat kita simpulkan kalau semakin lama durasi rehabilitasi narkoba, semakin total pula pemulihannya.Akan tetapi, ada beberapa faktor yang bisa membuat proses rehabilitasi lebih cepat dengan tambahan program Hypnosis ( Hypnoterapy ), hal ini disampaikan sakah seorang pengurus panti rehabilitasi, bernama Taufik.

” Durasi terapi dapat bervariasi sesuai dengan tingkat ketergantungan, toksisitas dan profil psikologis pasien. Tim Assesment pun akan mengidentifikasi bila memang ada gangguan mental yang terkait dengan kecanduan narkoba. Jadi Semua terapi dimulai dengan periode yang disebut detoks, di mana pasien benar-benar berhenti menggunakan zat apa pun yang telah dia konsumsi. Selama periode tersebut yang berlangsung sekitar 14 hari, semua gejala fisik kecanduan akan dihilangkan. Seperti diketahui masalah terbesar yaitu membantu pulih dari ketergantungan narkoba adalah bagaimana pasien tak mengalami kekambuhan,” ucap Taufik.

Lebih lanjut katanya lagi, Ada tiga jenis hubungan yang terbukti mempercepat proses rehabilitasi narkoba korban penyalahguna, yaitu:

1. Dukungan dan perbaikan hubungan dengan keluarga/teman dekat.
2. Terjalinnya hubungan dekat dengan teman-teman baru.
3.Kesempatan menjadi penyemangat/support system bagi orang lain termasuk didalam lingkungan tempat tinggalnya.

Rehabilitasi sosial. Biasanya proses rehab ini dilakukan bersamaan dengan rehabilitasi medis. Tujuan utama dari program rehabilitasi sosial adalah mengembalikan motivasi dan harapan hidup dari korban penyalahguna.

Proses rehabilitasi sosial tidak memiliki batasan waktu, tapi harapannya korban penyalahguna bisa sepenuhnya pulih secara mental dan psikis dalam waktu 3 – 6 bulan setelah terapi dimulai.

” Tapi sebenarnya, semuanya tergantung pada korban penyalahguna dan support system-nya. Semakin kuat tekad korban dan dukungan support system, maka proses pemulihannya akan semakin cepat. Berapa lama rehabilitasi narkoba dilakukan adalah tahap bina lanjut, yaitu proses peninjauan korban penyalahguna setelah 100% lepas dari ketergantungan narkoba. Di tahap ini, pihak panti rehabilitasi dan keluarga akan bekerjasama me-monitor kondisi korban saat kembali melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari sekolah, bermain, sampai proses interaksinya dengan orang lain,” pungkasnya.

Taufik juga mengatakan bahwa proses bina lanjut ini mulai saat korban dinyatakan pulih sampai maksimal 1 tahun setelahnya. Selain pengawasan, akan dilakukan evaluasi secara berkala untuk memaksimalkan program pemulihan yang telah ia jalani. ( Bharata 1/ Taufik )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *