• Sen. Jul 15th, 2024

Kosek I Medan Gelar Latihan Cakra C-23, Pesawat Asing Dipaksa Mendarat di Lanud Soewondo

SHARE

Bharata Yudha.Com- Komando Sektor I, Medan laksanakan latihan Cakra C- 23, latihan ini digelar dari tanggal 13 hingga 16 Maret 2023 yang langsung dipimpin oleh Dankosek I, Marsma TNI Mohammad Nurdin.

Dalam latihan tersebut disimulasikan, satu pesawat asing yang masuk ke dalam wilayah kedaulatan Republik Indonesia tanpa dokumen dan dipaksa mendarat di Lanud Soewondo Medan setelah tertangkap radar Kosek I ,yang melintas di udara Indonesia.

Selanjutnya, Dankosek I, Marsma TNI Mohammad Nurdin memerintahkan agar pesawat tempur F16 yang selalu siaga di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekan baru untuk melakukan pemaksaan mendarat terhadap pesawat asing tersebut di Lanud Soewondo Medan dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan para awak pesawat berikut barang bawaanya serta kelengkapan dokumen penerbangan.

” Latihan pertahanan udara Cakra Charlie 23 ini merupakan bagian dari sistem pembinaan latihan dari TNI AU dalam satuan. Gunanya untuk melatih kesiapsiagaan satuan unsur-unsur pertahanan udara dibawah jajaran Kosek I yang diperkuat dengan tiga radar sistem,” ucap Dankosek I.

Katanya lagi, jadi dalam skema latihan ini ada tahapan penindakan, salah satunya adalah paksa mendarat ( force down ) (14/3).

 

“Total kegiatan ini sebanyak 29 hari namun gladi lapangan 4 hari, mulai dari hari Senin dan rencananya ditutup hari Kamis ( 13-16 Maret 2023 ) dan jumlah personil yang terlibat 535 personel dan luas satuan sebanyak 11 satuan serta yang diuji 5 unsur pelaku dan 30 unsur penindak,” sebut Marsma TNI M Nurdin.

Lebih lanjut katanya lagi, dari latihan rutin yang dilaksanakan tiap tahunya diharapkan akan tercipta kesiapsiagaan unsur Hanud yang berada di Kosek I Medan dalam menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia. ( Bharata 1 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *