• Sel. Jul 23rd, 2024

Dukung Program Nasional, Personel Lanud Sam Ratulangi Ikuti Literasi Digital

SHARE

Bharata Yudha.Com– Dalam rangka mendukung Program Nasional, personel Lanud Sam Ratulangi mengikuti Literasi Digital sektor pemerintahan kepada prajurit TNI secara daring dari Mako Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Kamis (22/6/2023).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemen Kominfo RI) dengan TNI yang mengangkat tema “TNI Makin Bijak dan Makin Cakap Digital” dalam rangka mendukung Program Literasi Digital Nasional yang telah dicanangkan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Saat peluncuran Program Literasi Digital Nasional, Presiden RI mengatakan bahwa tantangan di ruang digital sangatlah besar dengan berbagai konten negatif, berita hoax, penipuan daring, perundungan siber, ujaran kebencian dan lain sebagainya terus bermunculan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kewajiban kita bersama untuk meminimalkan konten negatif dan membanjiri dengan konten positif, caranya dengan meningkatkan kecakapan digital agar mampu menciptakan konten kreatif yang mendidikan, menyejukan, dan membawa perdamaian,” jelasnya.

Menurutnya, literasi digital adalah kerja besar yang memerlukan sinergitas seluruh komponen bangsa agar masyarakat dapat melek digital, sehingga gerakan literasi digital ini dapat terus ditingkatkan untuk dapat mendorong berbagai inisiatif dalam memanfaatkan teknologi internet agar lebih edukatif dan produktif.

Senada dengan Presiden RI, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menegaskan bahwa sebagai prajurit TNI merupakan suatu kewajiban untuk memerangi konten negatif dengan memenuhi ruang digital melalui konten-konten positif yang mendidik.

“Saya sangat mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan program literasi digital di lingkungan TNI agar prajurit dan PNS TNI memahami secara menyeluruh bagaimana menggunakan digital secara bijak dan semakin cakap memanfaatkannya untuk menjaga citra positif TNI,” ujarnya.

Selanjutnya, Panglima TNI mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI untuk mengambil peran dalam literasi digital agar mampu menjadi perekat persatuan bangsa di dunia maya, dan kegiatan ini berisi empat pilar literasi digital yaitu etika digital, budaya digital, keterampilan digital, dan keamanan digital.

Adapun narasumber yang hadir dalam literasi digital ini diantaranya Peneliti di Laboratorium e-government dan e-business Universitas Indonesia Bapak Dr. Sofian Lusa, S.E., M.Kom., Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Bapak Muhamad Haris Maknun, S.T., M.T., Koordinator Substansi Pokjanas Revolusi Mental dan Karakter Kebangsaan Indonesia Kemendagri Bapak Wawan Hermawan, Pengajar Digital Language Learning Center Universitas Bina Nusantara Bapak Kristianus Oktriono, Dansatkal Satsiber TNI Kolonel Sus Panca Dianto, S.T., M.Si., Wadan Satsiber TNI Kolonel Chb Martanto Dwi Hadi, M.Si ( Danu / Han )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *